5 Tips Jitu Berdakwah di Facebook

facebook1

Saat ini facebook adalah situs jejaring sosial yang paling populer di Indonesia. Menurut data yang bersumber dari checkfb.com, Indonesia berada di peringkat ke-7 jumlah pengguna facebook terbanyak di dunia dan kedua di Asia dengan jumlah  11.759.980 pengguna per minggu, 8 November 2009 pukul 05.30 WIB. [1]

Sayangnya, masih sedikit sekali kaum muslimin yang memanfaatkan facebook untuk berdakwah. Pada umumnya, aktivitas pengguna facebook tidak terlalu bermanfaat khususnya untuk kehidupan akhirat, seperti update status, mengomentari status teman, wall to wall, bertukar graffiti, dll.

“Di antara kebaikan Islam seseorang ialah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya.” (HR. Tirmidzi)

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata : Manusia semestinya meninggalkan apa yang tidak berguna baginya, baik dalam urusan dunia maupun akhiratnya. Karena hal itu lebih memelihara waktunya, lebih selamat untuk agamanya, dan lebih mudah untuk menutupi kekurangannya. Seandainya ia campur tangan dalam berbagai urusan manusia yang tidak berguna baginya niscaya ia penat. Tetapi jika ia berpaling darinya dan tidak sibuk kecuali pada apa yang berguna baginya, maka itu menjadi ketentraman dan ketenangan baginya.

“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna.“ (QS. Al-Mu’minun 1-3)

Yaitu orang yang berpaling dari setiap yang tidak bermanfaat baginya, dari perkataan yang hina seperti berkata dusta, senda gurau, dan mencela.[2]

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan agar aktivitas  facebook kita menjadi lebih bermanfaat ? Baiklah, ada 5 tips sederhana yang bisa kita lakukan, yaitu :

1. Mengupdate status dan membuat signature dengan ayat Al-Qur’an dan Hadits

Al-Qur’an dan Sunnah adalah pedoman hidup umat islam. Alangkah baiknya jika status yang kita update dan signature yang kita buat berisi dua hal tersebut. Rasulullah SAW bersabda :

“Telah aku tinggalkan dua hal untuk kalian, yang kalian tidak akan pernah tersesat setelahnya selama kalian berpegang teguh pada keduanya, yaitu kitabullah dan sunnahku. Dan kalian tidak akan pernah berpisah sampai kalian menemui telagaku (di hari kiamat kelak).” (Dikeluarkan oleh Imam Malik dan Hakim, dan beliau menshahihkannya)

Ketika kita memperbarui status atau menyisipkan signature saat mengomentari pesan dinding atau membalas pesan  maka teman yang melihat profil kita pun akan membaca ayat Al-Qur’an atau Hadits yang kita cantumkan. Mungkin tanpa kita sadari, diantara teman-teman yang telah membaca status/signature kita, ada yang mendapat hidayah dari Allah SWT untuk mengamalkan apa yang telah mereka baca dalam kehidupan sehari-hari. Maka kita pun akan menjadi orang-orang yang mendapatkan keberuntungan dan kemuliaan atas apa yang telah kita lakukan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

“Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun…” (HR. Muslim)

2. Membuat grup

Apabila kita ingin berdakwah dengan jumlah objek dakwah yang banyak,  membuat grup adalah pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur yang disediakan sangatlah mendukung. Grup seperti apa yang bisa kita buat? Sebagai contoh, kita berdomisili di Jakarta Timur maka kita bisa membuat grup Muslim Jakarta Timur. Di grup ini, kita bisa mengundang semua teman yang kita miliki, tidak terkecuali non muslim (karena ada kemungkinan mereka mendapatkan hidayah islam). Lalu, kita bisa memanfaatkan fitur forum diskusi untuk membuat topik yang berjudul konsultasi syari’ah (bekerjasama dengan ustadz) sehingga para anggota grup dapat berkonsultasi dengan  ustadz yang bersangkutan. Selanjutnya, sebagai seorang admin grup kita juga bisa mengirimkan pesan yang berisi artikel islami,  link download e-book, audio, video, software islami gratis, dll  (Referensi situs download content islam gratis disini) ke seluruh anggota grup.

3. Membuat note

Kita bisa memanfaatkan note sebagai media dakwah dengan cara menulis artikel lalu membagikannya kepada teman-teman kita.  Namun, apabila kita belum memiliki kemampuan untuk menulis artikel islami sendiri, kita dapat menyalin artikel dari website para ustadz dengan mencantumkan link sumber artikel.

4. Memberi nasihat kepada teman yang sedang berulang tahun

Pada umumnya, kalimat yang paling sering diucapkan kepada teman yang sedang berulang tahun adalah “Happy birthday, happy bornday, wish u all the best, dsb”. Sebagai seorang muslim hendaknya kita memberi nasihat yang lebih bermanfaat seperti :

“Allah tidak akan menunda(kematian) seseorang apabila waktu kematiaanya telah datang. Dan Allah Mahateliti atas apa yang kamu kerjakan.” (QS. Munafiquun 11)

“Yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk menghadapi kematian, mereka itulah orang yang cerdas lagi berakhlak yang baik.” (HR. Muslim)

Sehingga mereka akan sadar betapa umurnya semakin berkurang dan pentingnya mengevaluasi perbuatan yang telah dilakukan.

5. Memberikan undangan majelis ilmu

Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila kalian berjalan melewati taman-taman surga, perbanyaklah berdzikir.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu halaqah-halaqah dzikir(majelis ilmu).” (HR. Tirmidzi)

Subhanallah, betapa dahsyatnya majelis ilmu. Oleh karena itu, apabila kita memiliki informasi tentang majelis ilmu maka undanglah teman-teman kita untuk hadir di taman-taman surga tersebut dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi acara di facebook.

Wahai saudaraku!

Jika kamu menjumpai kekurangan, maka tutuplah celahnya. Mahaagung Dzat yang tidak memiliki aib dan Mahatinggi.

Wallahu’alam bishshowab

Kumpulan artikel pemanfaatan  internet dalam berdakwah :

    Sumber:

    1. http://www.checkfb.com
    2. Tafsir Maraaghi (VI/268), DAR al- KOTOB al-ILMIYAH Beirut

    About ibnujohar

    Seorang Hamba Allah yang masih mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan juga tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Nabi dan Rasul NYA serta ulama-ulama ahli yang telah wafat terlebih dahulu....

    Posted on 11 November 2009, in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink. 32 Komentar.

    1. Ass, ,
      wah, ,bagus ttu kak artikel nya, ,gmna kalo ngirimin video ttg kekuasaan Allah k wall org-org gt ? kan banyak ttu skrg sesuatu yang diluar nalar manusia, cuma Allah yang tau, siapa tau bisa ngebuka hati org-org, ,
      d coba aja kak kalo mw, ,😀
      wass, ,

    2. Herlan,, aq stuju bnget sma sma trik2 dakwah diats. Tp, sebenernya kita juga harus hati-hati menggunakan FB,, aku baru bca uses and termsnya dan aku rada nyesel banget pas ada tulisan kalo segala yang ada di dalam Account FB kita ternyata bisa di unduh siapa aja termasuk yang ada di luar FB dan mereka ga bertanggung jawab atas itu… dan percuma juga kita hapus dan merubahnya karena tim FB punya backupnya yang bisa di sebarkan kepada siapa saja.. dengan memposting sesuatu di FB itu memberikan hak kepada mereka untuk melakukan apa saja dengan postingan kita…

    3. solusinya….

      1. Posting yang sangat penting saja dalam FB (kalau tidak ada maslahatnya, lebih baik jangan di posting)

      2. Dakwah disampaikan dengan kalimat yang paling dimengerti oleh umat… karena pengambiguan bahasa dapat memutar balikkan fakta tersebut…

      SEMANGAT!

    4. eee ,,,baguss

    5. annisa puspitaria

      asslmlkm.
      bagus postingannya .
      beberapa facebooker yang jd friend saya ada yang posting video-video yang bagus , mengarah pada dakwah .
      sebenarnya gak mesti dengan video yang bernuansa islami atau pure dakwah. video2 tentang kreasi, keajaiban, cuplikan sejarah ilmuwan yang mengingatkan keberadaan Tuhan, dll juga bisa jadi referensi . biasanya dari video2 itu makna yang tersirat itu ‘dapet’ banget akh .
      selain itu postingan/note tentang kisah-kisah yang menyentuh juga mnarik kok akh ..
      bisa dijadiin media muhasabah..
      itu aja sarannya .
      Makasih .
      wasslmlkm..

    6. setuju dg tips kmu lan…. tips dari dita jg bsa n bagus jadi pertimbangan…ini diliat dari segi pengguna facebook dg latar belakng n tujuan yang berbda2…..

      LIKE THIS ….. !!!!🙂

    7. wah bagus juga itu kak
      emang saat ini facebook sbg jejaring sosial paling populer di indonesia
      awal gebrakan yang bagus untuk menambah wawasan bagi saya , dan teman – teman lainnya untuk dapat menambah wawasan dan mungkin bisa bertukar pendapat lewat dakawah di facebook ini ^^

    8. LIKE dengan ibu jari dh !🙂
      dan ,,mgkn,,DITAMBAH dgn bahasa yg “RINGAN” yg mudah diserap dan juga “MENARIK”
      akan lbih menggugah para remaja (khususnya),,ketika membaca nya ..😀

    9. assalamualaikum wr.wb

      dakwah via facebook?
      aku setuju banget..ibadah sekaligus menjalin silahturahmi…
      semangat ya akh!!!
      like this deh pokoknya!=)

    10. ayyo semangat…jadikan hidup kita senantiasa bermanfaat untuk orang lain…

    11. subhanALLAH nie mengingatkan kita supaya bisa berhati-hati dalam melakukan sesuatu.. apabila ntu mnurut agama baik mka laksanakanlah dan apabila ntu tidak sesuai dengan agama Islam tinggalkanlah..

      belajar dr sekarang.. Jayalah ISLAM seperti kjayaan d msa Rasulullah…

      “ALLAHU AKBAR”

    12. sahadat adalah harga mati seorng muslim, Allahu Akbar,Allahu Akbar,Allahu Akbar,…..Allah maha besar…

    13. assalamu’alaikum wr.wb…
      emg bner jg sh…
      nge wall, komentarin status i2 ga pnting, tpi gmna ya …??
      bgung jg…:)

    14. waaaaa………
      ide bgus ntuw dakwah lewat pesbuk,,,
      tpi kalo bisa bahasana eank ringan” ajaww…
      soalna kalo misalna postinganna dengan bahasa tingkat tinggi biasana qta uda males duluan bwad ngebacana….
      gud laaK!!!!!!!!!!!!!!!!

    15. Barakallahu fiik, smg ada tips2 lain yg bermanfat. Ushkn bhsanya padat, ringks n berbobot. Lanjutkan..

    16. boleh juga deh.
      iyah…moga aja bisa jd inspirasi buat banyak orang.
      keep on fighting y!!
      sebarkanlah walau hanya satu ayat…
      cheers (n_n)

    17. kren tuh. . saranx ok. . tgkatkan lg. .

    18. FB emg media yg lagi digandrungi oleh dihampir smwa lapisan masyarakat, terutama remaja. Kl sasarannya pd dakwah emg tepat sekali, asalkan bahasa yg dipakai tidak terlalu berat, jd facebooker jg gx bosen bacanya. Oyya, kl penulisan ttg ayat dan hadist harus tepat, jngan sampai salah, soalnya kan skrang bnyak oknum2 yg gx bertanggung jwb dpt memutarbalikkan kandungan yg tercantum. Baiknya lg diberi ttg realita yg ada saat ini jd bisa langsung direalisasikan di kehidupan sehari-hari.

    19. wah trik”nya sip bangetz kak…
      setuju bangetz dah aku ma trik” diatas…

    20. Klo mnrt aku,lbh efektif lg klo dakwah ny dibuat pke notes,n itu bwt ‘everyone’ so d ‘highlite’ smua org muncul.. N tag nama” org yg kra” pasti bc dakwah itu,bs jg lwt message,tp agak tbtas memang,kn cm utk org” yg dkrim
      Pkokny keep good ajalah,yg pnting kn tjuanny😉

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: