Berdakwah Lewat Internet, Perlukah?

komputer-dan-internet

Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia.[1]

Sepuluh tahun yang lalu, tidak semua orang mengenal internet, walaupun ia tinggal di kota besar. Pengguna internet di Indonesia pun hanya berjumlah dua juta pengguna. Selaras dengan kebutuhan informasi yang efisien, lambat laun masyarakat Indonesia mulai merasakan manfaat dari internet. Bahkan, internet telah menyentuh seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia. Kini, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 20 juta. Selain itu, Indonesia juga tercatat sebagai negara pengguna internet terbesar ke-15 di dunia dan ke-5 di Asia.[2]

Sebagai da’i kita harus bisa melihat setiap peluang dakwah yang ada. Perkembangan teknologi informasi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh insan yang berdakwah di jalan Allah. Jangan sampai kecanggihan teknologi justru dimanfaatkan oleh musuh-musuh Allah, sedangkan para pendakwah hanya memfokuskan diri di masjid-masjid, tanpa melebarkan sayap dakwahnya.

Ketahuilah wahai du’at, dakwah di jalan Allah adalah perbuatan yang sangat mulia dan ibadah yang agung kedudukaannya di mata Allah.

Allah SWT berfirman :

“Dan siapakah yang lebih baik perkataanya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebaikan dan berkata, ” Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?” (QS. Fushshilat 33)

Menurut Ahmad Mushtafa al-Maroghi maksud dari ayat ini adalah :

1. Mengajak kepada tauhid dan mentaati Allah.

2. Mengajak untuk beramal shalih dan menjauhi yang diharamkan Allah.

3. Menjadikan Islam sebagai agama dan ikhlas kepada tuhan-Nya.[3]

Yang harus kita ingat, apabila dakwah mengajak manusia ke jalan Allah merupakan kedudukan yang mulia dan utama bagi seorang hamba, maka hal itu tidak akan terlaksana kecuali dengan ilmu. Dengan ilmu, seseorang dapat berdakwah dan kepada ilmu ia berdakwah. Bahkan demi sempurnanya dakwah, ilmu itu harus dicapai sampai batas usaha yang maksimal. [4]

Sebelum memulai dakwah di dunia maya, setiap da’i hendaknya menuntut ilmu syar’i terlebih dahulu. Bila mereka tidak mempelajari Al-Qur’an dan Sunnah berdasarkan pemahaman salaf, bagaimana mereka dapat menyampaikan kebenaran pada umat? Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an, mempelajari hadits, menghadiri majelis ilmu, membaca kitab-kitab para ulama merupakan aktivitas yang seharusnya rutin dilakukan oleh du’at sebagai bekal dalam berdakwah.

Lalu, apakah kelebihan internet? Mengapa kita harus memanfaatkannya untuk berdakwah? Ternyata, internet memiliki beberapa keistimewaan yang akan memudahkan proses dakwah, diantaranya:

1. Tidak terhalang oleh ruang dan waktu

Internet dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun di berbagai penjuru dunia sehingga materi dakwah yang telah kita masukkan di internet dapat diakses oleh semua orang di berbagai penjuru dunia kapanpun mereka inginkan.

2. Dakwah menjadi lebih variatif

Selain tulisan, kita dapat membuat materi dakwah dalam bentuk gambar, audio, e-book(buku elektronik) ataupun video sehingga objek dakwah dapat memilih bentuk media yang disukai.

3. Jumlah pengguna internet semakin meningkat

Pertumbuhan pengguna internet yang selalu meningkat merupakan kabar baik bagi du’at yang akan berdakwah di dunia maya, karena objek dakwah pun akan semakin bertambah.

4. Hemat biaya dan energi

Dengan menyajikan materi dakwah di internet, objek dakwah tidak perlu datang ke narasumber dan membeli buku untuk menjawab masalah yang dihadapi. Sehingga kita bisa membantu saudara kita agar tidak mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra untuk memperoleh informasi syar’i yang mereka cari.

Saudaraku yang kucintai karena Allah, sebagai juru dakwah tugas kita hanyalah menyampaikan, memperingati, dan mengajak manusia kepada kebenaran, sedangkan hidayah mutlak milik Allah. Jangan kecewa ketika hasil yang kita harapkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sebagaimana firman-Nya :

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya. Dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS. Qashash:56)

Sesungguhnya kamu tidak akan bisa memberi petunjuk terhadap orang yang kamu cintai dari kaummu atau selain mereka. Jika kamu mengerahkan seluruh kemampuanmu maka kamu tidak akan mampu. Sesungguhnya tugasmu hanya menyampaikan dan Allah akan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki karena Allah memiliki hikmah yang matang dan hujjah yang tidak bisa dibantah.[5]

Mari berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan !

“… Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. ” (QS. Al-Baqarah: 148)

Wahai saudaraku!

Jika kamu menjumpai kekurangan, maka tutuplah celahnya. Mahaagung Dzat yang tidak memiliki aib dan Mahatinggi.

Wallahu’alam Bishshawab

Kumpulan artikel pemanfaatan  internet dalam berdakwah :

    Sumber :
    1. http://www.elektroindonesia.com/elektro/no3b.html

    2. http://www.internetworldstats.com/top20.htm

    3. Tafsir Maraaghi (VIII/365-366), DAR al- KOTOB al-ILMIYAH Beirut 1997-1418

    4. Miftaah Daaris Sa’aadah (I/476), ta’liq dan takhrij : Syaikh ‘Ali bin Hasan bin ‘Ali bin Abdul Hamid.

    5. Tafsir Maraaghi VII/173, DAR al- KOTOB al-ILMIYAH Beirut

    About ibnujohar

    Seorang Hamba Allah yang masih mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan juga tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Nabi dan Rasul NYA serta ulama-ulama ahli yang telah wafat terlebih dahulu....

    Posted on 11 November 2009, in Artikel and tagged . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

    1. ^.^

      semoga dakwah online bisa menggebrak jiwa para pemuda/i untuk menegakkan panji Islam🙂

    2. ee,, baguoess tuh lan artikelnya .

    3. Aku setuju..ini bisa jdi pintu gerbang untuk masuk secara perlahan ke dunia..untuk berdakwah…cz,skarang ni internet udah jadi makanan sehari2 bagi semua orang..pa lagi para remaja yg harus dapet modal ilmu agama untuk ngejalanin dunia yng makin penuh godaan ini..jadi Dakwah lewat internet MANTAB pokoknya..!!!!!!🙂

    4. gebrakan yang bagus lah !
      insyallah bisa bermanfaat bagi kita semua , dan bisa menambah wawasan tentang islam bagi remaja yang rutin surfing di internet ^^

    5. terobosan yg oke..
      jd dengerin dan memperdalam ilmu agama gag cuman di pengajian atau masjid” aja tho?..
      yg rajin OL ,,bisa tetep rajin kajian …sambil surfing ..:D

    6. Sy sangat setuju dengan adanya dakwah lewat internet ini.. Dan ini sangat perlu melihat hal-hal yg telah dikemukakan di atas.. Kalau ditanyakan apakah perlu, tentu saja sangat perlu. Semoga hal ini dapat mengatasi krisis moral umat manusia, utamanya kaum muda… SEMANGAT!!

    7. Bagus Lan, apalagi kalaw internet dan masuk desa, kan kita tw sebagian besar umat islam ada didesa, dan mereka jadi sasaran teolog. Sedang yang dikota aja, menurut ana jarang buka situs yang seperti ini.

    8. bener banget..sarana dakwah luas banget,,,dimanapun kapanpun melalui apapun dakwah bisa dilakukan,,seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW…
      hendaknya dakwah online disosialisasikan lebih gencar dengan judul2 dan ide2 yang dibalut dengan kata-kata yang spesial dan simple sehingga timbul ketertarikan lebih,,smangattt

    9. ide yg bagus..
      dakwah bisa dilakukan dmn saja dan lewat media ap saja..
      berhubung mayoritas masyarakat saat ini menggunakan internet sebagai suatu media komunikasi, maka berdakwah lewat internet pun dirasa menjadi suatu hal yang diperlukan bagi masyarakat, terutama bagi kaum muslim…

      SEMANGAT!!!

    10. sy setuju baget kalau da dakwah lewat internet, selain kita bisa mengikuti perkembangan teknologi tapi juga diikuti dengan peningkatan pengetahuan kita tentang islam, so kita dapat memanfaatkan internet sebagai media dakwah yang baik..
      semangat y,,,!!

    11. An stuju akh, emang shrusnya internet kita mnfaatkan dgn baik. U/ pr pmda kta bs ngeblog dan berfacebook, smbl mnyspkan nlai2 keislman d dalamnya. Shgga kgiatn online kita jd lbh brmnfat.

    12. s7…
      bner2..
      mendakwah d internet prlu dan sgat prlu…

    13. yupz bener tuh..
      dakwah lewat internet sangat sangat berguna..
      karna dizaman sekarang internet bukanlah hal tabu age bagi masyarakat..
      mereka juga perlu dakwah” lewat internet..
      pa age yang untuk tugas” gitu..
      pastinya sama mereka dibaca dulu tuh..
      hehe..
      tapi sayang internet dengan perkembangan zamannya malah digunain yang gak”…
      huft..

    14. Berdakwh lwt dunia maya itu perlu koq,coz now we’re in global era n org” sibuk itu bysny ga smpet bli majalah/media srt kbr yg isiny dakwah,mrek bka komptr lalu mgerjakan tgs kntr dimana komptr mreka ada fasilitas intrnet yg sll mrk gunakan,jd mreka lihat dakwah dr stu
      absolutely it’s unlimited media n we belong into!🙂

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: