Beasiswa Mekkah

Umm Al Qura
Pada tahun 1369 H Raja Abdul Aziz memerintahkan untuk mendirikan sekolah tinggi Syari’ah di Mekkah sebagai lembaga pendidikan tingkat tinggi pertama di Arab Saudi, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal Universitas Ummul Qura. Meski umurnya yang baru, UQU merupakan salah satu universitas yang mempunyai nilai lebih jika dilihat dari letak, sejarah dan prestasinya. UQU telah berkembang menjadi sebuah lembaga akademis yang mempunyai nama dan posisi yang tinggi, terutama dalam bidang ilmu-ilmu syariah, pendidikan (tarbiyah) dan studi Islam, di samping spesialisasi-spesialisasi ilmu-ilmu eksakta.

Pada masa pemerintahan Raja Fahd, UQU berhasil melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas yang cukup signifikan. Pada masa ini, didirikan berbagai fasilitas pendukung dan pembentukan fakultas-fakultas baru. Selain itu jumlah staf pengajar dan mahasiswanya pun meninggkat tajam. Saat ini, Universitas UM sedang dalam tahap penyelesaian proyek Kampus Baru Universitas serta melanjutkan pengembangan dan pembaharuan.

Program Pendidikan Yang Ditawarkan Bagi Mahasiswa Asing
Untuk mahasiswa asing, UQU menawarkan sebuah program belajar bahasa Arab yang berada dalam naungan Lembaga Pengajaran Bahasa Arab. Masa belajar di lembaga ini adalah dua tahun. Materi-materi yang dipelajari adalah:

1. Al-Qur`an, yang mencakup belajar membaca (tajwid), hapalan dan tafsir.
2. Hadits dan ilmu-ilmunya.
3. Bahasa Arab, yang mencakup percakapan (al-muhaadatsah), keterampilan bahasa (al-mahaaraat al-lughawiyyah), fonetik (ash-shautiyyaat), nahwu, sharaf dan balaghah.
4. Akidah (teologi).
5. Fikih.

Program ini mempunyai fasilitas belajar mengajar yang sangat memadai, seperti para dosen spesialis pengajaran bahasa Arab bagi non Arab, laboratorium bahasa, sarana belajar yang berkualitas, perpustakaan khusus untuk pengajaran bahasa Arab bagi non Arab.
Syarat-syarat pendafataran:

1. Fotokopi ijazah Aliyah dengan nilai tidak kurang dari “Sangat Baik” (jayyid jiddan).
2. Fotokopi transkrip nilai.
3. Surat rekomendasi dari organisasi islam atau tokoh masyarakat yang dikenal oleh pihak universitas.
4. Fotokopi paspor.
5. Empat buah pas photo ukuran 4×6.
6. Fotokopi akte kelahiran.
7. Fotokopi surat kesehatan.
8. Umur calon mahasiswa tidak lebih dari 25 tahun.
9. Surat rekomendasi belajar dari Pemerintah Republik Indonesia. Surat ini dapat diperoleh di Departemen Agama Kabupaten/Kodya, Propinsi atau Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.
10. Terdapat muhrim bagi mahasiswi selama belajar di Mekkah.
11. Seluruh berkas-berkas pendaftaran diterjemahkan ke dalam bahasa Arab atau Inggris dan dilegalisir oleh Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia.
12. Berkas-berkas pendaftaran ini diajukan ke Kantor Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta.

Catatan: Bagi mahasiswa yang berhasil memperoleh nilai sangat memuaskan (mumtaz) selama pendidikannya di Lembaga Pengajaran Bahasa Arab ini, maka ia berhak untuk meneruskan belajar di program S1 pada salah satu fakultas di Universitas. Fakultas-fakultas yang dapat ia pilih untuk meneruskan program S1-nya tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Bahasa dan Sastra Arab.
2. Fakultas Syariah.
3. Fakultas Dakwah dan Ushuludin.
Seorang mahasiswa dikatakan lulus jika ia telah berhasil menyelesaikan 120 sks selama empat semester (dua tahun).

Pemerintah Arab Saudi memberikan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai bagi para mahasiswa yang belajar di universitas-universitasnya, baik yang berkaitan dengan kegiatan kurikuler ataupun ekstra-kurikuler. Fasilitas ruang belajar full AC, dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman, perpustakaan yang lengkap, suasana kampus yang asri, diktat kuliah gratis (sebagian universitas memberikan bantuan dalam bentuk uang buku per tahun), sarana olah raga dan kesehatan, beasiswa per bulan yang berkisar antara SAR. 842-2500, tiket pesawat pulang-pergi setiap liburan musim panas dan lain sebagainya. Begitu asrama mahasiswa yang sangat nyaman dengan fasilitasnya yang lengkap dimulai dari tempat tidur dan seluruh perlengkapannya, lemari pakaian, meja belajar dan lain-lain.

Foto-foto Universitas Umm Al Qura disini
Download Formulir Pendaftaran terbaru disini

Persyaratan dikirim ke :

Deanship of Admissions and Registration

The Institute of Arabic Language

Umm al-Qura University, P.O. Box 3712

Makkah Mukarramah, Saudi Arabia

Terbuka pula kesempatan mendapat beasiswa dari universitas-universitas berikut:

1. Universitas Islam di Madinah. Untuk informasi lebih lengkap, klik disini.

2. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Riyadh (universitas Islam terbesar dan induk LIPIA Jakarta). Untuk informasi lebih lengkap, klik disini.

Sumber :
1.  Al-Kattani, ‘Abdul, Hayyie. “Study in Islamic Countries”. Jakarta:Gema Insani.2009
2. http://www.bakkah.net/interactive/Umm%20Al-Quraa%20Gallery1/index.htm

  1. assalam.akhi,ana mau tanya,dari keterangan di atas dikatakan bahwa mahasiswa yg mau masuk universita ummul qura hrus mengikuti lembaga bahasa arab,apakah masuk lembaga tersebut di lakukan tes dan apakah kalau mendapatkan prediket mumtas bisa lansung masuk universitas umuul qura??mohon balasannya akhi..syukran.assalam

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

      Lembaga bahasa arab itu masih dalam naungan ummul qura, biasanya kita di tes untuk menentukan kelas apa yang cocok untuk kita. Jika nilai kita mumtaz, maka akan diprioritaskan untuk melanjutkan ke ummul qura.

      • trus untuk masuk lembaga bahasa arab itu ada tes juga akh??kalo pakay tes dima tes nya??dan apa ssaja syarat2 n bahan tes nya??mohon balasannya akh..syukrn

  2. Asalamualaikum
    bung ibnu..mo tanya apakah ada ponpes yang mengadakan test beasiswa ke univ umul quro mekah,
    klo ada ponpes apa n dmana?
    mhn bls ke email saya
    sukron.

  3. akhi, tes beasiswa d ummul qura d bidang(pelajaran) apa?

  4. asslm.ustdz. pendaftaran ke kedutaan arab saudi jakarta, waktu ditentukan g?ato boleh kapan saja.syukran

  5. ma'ruf miftahul huda

    Assalamu’aalaikum wr.wb
    akh, kalo mau ndaftar harus ada hafalan qur’an ndak ya ?????
    sykrn,,,

  6. Bismillah, akh ana mau tanya. Kalau misalkan kita umurnya udah lebih dari 25 tahun (ana 27 tahun), tapi kita mempunyai garapan dakwah di masyarakat. Apakah bisa diajukan untuk medapatkan beasiswa di UQU?

  7. Assalamu’alaikum. Ana sudah lulus S1 dan usia sudah 27 tahun, tapi da minat tuk program 2 tahun tsb, kr2 bisa gak? addthea@yahoo.com

  8. assalamualaykum ustad,,ana ada kesulitan bwt persyaratan no 11.. bleh ana nanya langsung?? no pe ana 085810564172,, syukron, kalo bleh tau d mana alamat antum??

  9. asslm wr wb. akhi. ana mw tanya.
    harus hafal al-qur’an y. minimal berapa juz?
    mhon balas k email ana. syukran. wsslm

  10. Nidham Ma'muri Ahmad

    As. Ustad
    saya maw tanya, apakah da lowongan beasiswa ke UMMUL QURA MEKAH untuk program S2
    untuk tahun 2011, lw da tlong informasikan kepada saya di no 081244149595
    saya mnta tolong ustad, saya kepengen sekali menimba ilmu di perguruan tersebut, di samping untuk menimba ilmu, saya juga ingin ngambil berkah ulama-ulama di sana
    syukran

  11. asasalamualaikum ya allah aku seorang ibu, ingin suatu saat anak laki22 satu 22 nya dapat menikmati belajar ilmu agama dengan beasiswa gratis, sekarang sd kls 3,insyaallah lulus mondk di gontor, mohon doa spy besok terkabul dan bermanfaat ilmunya untuk umat

  12. asasalamualaikum ya allah aku seorang ibu, ingin suatu saat anak laki22 satu 22 nya dapat menikmati belajar ilmu agama di madinah atau mekah dengan beasiswa gratis, sekarang sd kls 3,insyaallah lulus mondk di gontor, mohon doa spy besok terkabul dan bermanfaat ilmunya untuk umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: