Beasiswa Ma’had Ar-Raayah

Profil

Ma’had ‘Aly Ar-Raayah yang berdiri di atas lahan seluas 15 hektar di desa Sukamulya Kec. Cikembar kab. Sukabumi merupakan institusi pendidikan berstatus Mah’ad ‘Aly (Sekolah Tinggi) yang dirintis atas prakarsa beberapa insan pendidikan dari Timur Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Secara struktural, Ma’had ‘Aly Ar-Raayah berada di bawah naungan Yayasan Ar-Raayah yang didirikan pertama kali pada tahun 2003.

Kata raayah berarti panji atau bendera. Kata ini dipilih sebagai nama dengan harapan agar para dosen, mahasantri, lulusan, dan keluarga besar Ma’had ’Aly Ar Raayah dapat berperan aktif dalam menegakkan panji-panji Islam di bumi Indonesia.

Ma’had ’Aly Ar-Raayah pertama kali menerima mahasantri pada tahun ajaran 2006/2007. Dengan demikian, pada tahun ajaran 2008/2009 ini Ma’had ’Aly Ar-Raayah telah memiliki tiga angkatan dan bersiap untuk meluluskan angkatan pertamanya. Sejauh ini Ma’had ’Aly Ar-Raayah baru menerima mahasantri putra. Namun demikian, mulai tahun ajaran 2010/2011 insyaallah Ma’had ’Aly Ar-Raayah akan membuka pendaftaran bagi mahasantri putri. Kampus putri saat ini masih dalam proses penyelesaian.

Sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren, Ma’had ‘Aly Ar-Raayah memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

  • Integrasi sistem dan kurikulum pendidikan formal dengan pola pengkajian Islam ala klasik.
  • Lokasi kampus di kawasan pegunungan yang sejuk, asri, dan bebas polusi.
  • Fasilitas belajar-mengajar yang lengkap, ditunjang oleh media audio-visual dan perpustakaan dengan koleksi referensi yang memadai.
  • Fasilitas pesantren yang lain seperti masjid Jami’ yang besar dan megah, asrama dengan sarana yang lengkap, kantin mahasantri, lapangan olahraga, ruang aula serbaguna, poliklinik, dan sebagainya.
  • Tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Pengajar bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman adalah alumni perguruan tinggi terkemuka di Timur Tengah dan LIPIA Jakarta.
  • Bebas biaya pendidikan, buku, asrama, dan makan.
  • Kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan mencakup pembinaan seluruh potensi mahasantri.
  • Para mahasantri merupakan perwakilan dari berbagai wilayah Indonesia.
  • Selain sebagai bahasa wajib dalam proses pembelajaran, bahasa Arab juga menjadi bahasa sehari-hari mahasiswa di dalam kampus.
  • Letak dan suasana lingkungan pesantren sangat kondusif untuk konsentrasi belajar, menghafal, dan mendalami ilmu pengetahuan.
  • Bila mendapatkan nilai mumtaz (rata-rata 9,0) mempunyai kesempatan yang sangat besar untukmelanjutkan pendidikan di Universitas Islam Madinah.*

Program Studi

Ma’had ‘Aly Ar-Raayah sementara ini membuka satu program studi yaitu Program Pengajaran Bahasa Arab dan Agama Islam (setara Diploma). Program studi ini ditempuh selama 3 tahun (6 semester).

Sistem Pendidikan

Proses Pendidikan dilaksanakan dengan sistem level (mustawa). Satu level ditempuh selama satu semester perkuliahan (21 pekan). Pada setiap level terdapat satu paket mata kuliah yang harus diikuti dan diselesaikan secara keseluruhan oleh setiap mahasantri.

Ketidakberhasilan mahasantri dalam menyelesaikan seluruh mata kuliah pada level tertentu mengakibatkan tidak berhaknya ia melanjutkan studi pada level yang lebih tinggi.

Dalam program studi tersebut akan disajikan sejumlah mata kuliah keislaman dan bahasa Arab, seperti Al-Qur’an (hafalan dan tajwid), Tafsir, Hadits, Aqidah (Tauhid), Fiqh, Sejarah Islam, Musthalah Hadits, Ushul Fiqh, Nahwu, Sharaf, Balaghah, Ta’bir wa Insya’, dan sebagainya. Selain itu para mahasantri akan dibekali dengan mata kuliah pengusaan dasar komputer dan pelajaran penunjang lainnya.

Bahasa Arab menjadi bahasa pengantar dalam proses pembelajaran dan pembinaan.

Info Pendaftaran

Persyaratan

Persyaratan Umum:

  • Usia tidak lebih dari 21 tahun.
  • Tamatan SMA sederajat dengan nilai rata-rata 7,0 ke atas.

Persyaratan Administrasi:

  • Foto kopi ijasah dan transkrip nilai yang terlegalisir 1 lembar.
  • Foto kopi nilai rapor kelas III terlegalisir 1 lembar.
  • Pas foto terbaru 3 x 4 = 4 lembar dan 2 x 3 = 2 lembar.
  • Foto kopi akte kelahiran 1 lembar.
  • Hasil medical check-up lengkap dari RSUD setempat.
  • Surat ijin orang tua atau wali.
  • Menandatangani blangko pernyataan siap belajar dan mentaati seluruh peraturan institusi yang berlaku.

Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran dapat didownload DI SINI. Silahkan isi formulir dengan lengkap dan kirimkan ke alamat Ma’had ‘Aly Ar-Raayah. Adapun syarat-syarat pendapaftaran dapat diserahkan pada saat muqabalah (audisi) yang waktu dan tempatnya diinformasikan kemudian.

Mahasantri Ma’had ‘Aly Ar-Raayah tidak dipungut biaya apa pun. Semua biaya yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar dan kehidupan mahasantri ditanggung oleh Ma’had dari sumbangan para dermawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Waktu Pendaftaran : Belum ada pemberitahuan resmi dari Ma’had Ar-Raayah untuk tahun ajaran 2010/2011 (Insyaallah info akan diupdate setelah mendapat pemberitahuan resmi)

* Berdasarkan keterangan dari Alumni SMA N 9 Bandar Lampung yang sedang menuntut ilmu di Ma’had Ar-Raayah.

Suasana Ma’had Ar-Raayah :

sumber : http://arraayah.org/

About ibnujohar

Seorang Hamba Allah yang masih mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan juga tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Nabi dan Rasul NYA serta ulama-ulama ahli yang telah wafat terlebih dahulu....

Posted on 1 Desember 2009, in Info and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. yusuf abdul basit

    Assalamualaikum…. kira2 kpan ana bsa kirim formulir? ana tngu ainformasi trbaru…

  2. asslm….. Semoga Allah memberi barokah Kepada ma’had ?
    o Ya Q Santri Dari SAlah Satu POndok Di Medan, Lau bisa INfo Ya segera di Keluarkan Ust ? sebab ana da niat mau menyambung kesana ?

  3. assalamualaikum. tes masuknya kapan ya?

Tinggalkan komentar